Minggu, 09 Oktober 2016

MAKALAH OJEK PANGKALAN VS OJEK ONLINE



      Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah
Fenomena Pelayanan Ojek On Line
Terhadap Tradisi Budaya OPang (Ojek Pangkalan)

Kelas  :  1-ID08
Tanggal Penyerahan Makalah : 10 Oktober 2016
Tanggal Upload Makalah  :  11 Oktober 2016

 

P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

P e n y u s u n


N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
35416214
Nabila MaulidviSahasrara S



Program SarjanaTeknik Industri


UNIVERSITAS GUNADARMA




KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, atas segala nikmat kesempatan dan kesehatan serta rahmat dan hidayah-Nya yang diberikan kepada kita hingga saat ini. Sholawat beserta salam tidak lupa kita haturkan kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, para sahabat dan pengikutnya sampai akhir zaman, AamiinallahumaAamiin.
Saya juga mengucapkan terimakasih dan hormat saya kepada dosen saya Pak Muhammad Burhan Amin yang mengajar mata kuliah ” Ilmu Budaya Dasar” yang telah memberikan saya kesempatan untuk membuat makalah ini. Tak lupa saya juga mengucapkan terimakasih dan hormat saya kepada semua pihak yang telah membantu saya sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu dan sebaik-baiknya.
Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran akan ssangat saya harapkan dan saya terima dengan senang hati demi kesempurnaanya makalah ini di waktu depan. Semoga makalah ini memberikan manfaat sebagai informasi bagi para pembaca pada umumnya.



Bekasi, 03 Oktober 2016



Nabila Maulidvi S






DAFTAR ISI

PERNYATAAN……………………………………………………………………..i
KATA PENGANTAR          ………………………………………………………..ii
DAFTAR ISI  ……………………………………………………………..................iii

BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………….1
1.1  LATAR BELAKANG MASALAH ……………………………………………….1
1.2  TUJUAN ……………………………………………………………………………2
1.3  SASARAN   ………………………………………………………………………...2

BAB II PERMASALAHAN ………………………………………………………………3
1.      KEKUATAN ……………………………………………………………………...3
2.      KELEMAHAN ……………………………………………………………………3
3.      PELUANG…………………………………………………………………………3
4.      TANTANGAN …………………………………………………………………...4

BAB III ………………………………………………………………………………...……5
1.      KESIMPULAN …………………………………………………………………....5
2.      REKOMENDASI …………………………………………………………………5
3.      REFERENSI    ……………………………………………………………………5



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Masalah

Transportasi adalah salah satu yang paling dibutuhkan di segala penjuru dunia.Transportasi sebagai penunjang kegiatan sehari-hari adalah hal yang sangat diperlukan di masyarakat. Tak jarang kemajuan suatu bangsa bisa juga disimbolkan dari alat atau jasa transportasinya.
Transportasi baik jasa maupun alat tak jarang sangat membantu perekonomian di sebuah Negara.Transportasi dewasa ini sudah menjadi kebutuhan primer yang harus dijamin keberadannnya.
Dengan jumlah masyarakat Indonesia yang sangat banyak, kebutuhan transportasi Indonesia tak jarang menjadi sebuah masalah.
Dengan demikian maka muncul ide ide yang berkembang seputar transportasi umum. Salah satunya adalah ojek.Ojek menjadi sangat popular karna menggunakan motor dirasa lebih efisisen.
Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang serba canggih beberapa orang melakukan inovasi yang menyangkut teknologi dan transportasi. Salah satunya berkaitan dengan ojek.Inovasi yang diciptakan adalah ojek online.
Ojek online adalah layanan transportasi ojek yang dapat kita akses melalui gadget atau handphone pintar kita.Setiap pengguna transportasi ojek kini dapat membuka aplikasi khusus pada handphone untuk dapat terhubung mengakses ojek online.
Ojek online tersebut dirasa lebih efektif, karna pengguna tak harus membuang waktu dan tenaga mencari ojek ke pangkalan dan menunggu.Dengan adanya ojek online ini masyarakat menjadi lebih mudah dan menjadikan ojek online ini transportasi umum tujuan yang mereka cari.
Kemudahan-kemudahan inilah yang membuat para pengguna ojek lebih memilih menggunakan ojek online dibanding ojek pangkalan. Selain itu harga yang ditawarkan ojek online juga jauh lebih terjangkau dibandingkan ojek pangkalan.
Karna pelanggan banyak lebih beralih menggunakan ojek online dibanding ojek pangkalan tak jarang membuat para pengemudi ojek pangkalan resah karena kekurangan penumpang dan penghasilan. Seringkali mereka berdemo menyuarakan aspirasinya, tak hanya itu mereka juga terkadang mengintimidasi para pengemudi ojek online dengan cara kekerasan fisik dan lain lain.

1.2  Tujuan
Tujuan dibuatnya adalah mengatasi permasalahan masyarakat dikota besar yang sangat macet memilih transportasi umum yang mudah ,cepat dan aman. Serta mengikuti kemajuan teknologi yang ada sehingga meningkatkan sumber daya manusia yang ada.

1.3  Sasaran
Sasarannya adalah para masyarakat dikota besar yang sangat sibuk dan ingin sesuatu yang ringkas dan cepat, sehingga keberadaan ojek online ini diterima dengan sangat mudah di masyarakat.








BAB II
PERMASALAHAN

1.      Kekuatan (Strength)
a.       Dengan  aplikasi kita mengetahui profil pengemud I dan kendaraannya serta estimasi harganya.
b.      Ojek online lebih aman karena sang pengemudi dan lokasi kita selalu berada dalam pengawasan perusahaan.
c.       Ojek online lebih efisien dibanding ojek pangkalan selain itu jasa yang diberikan juga sangat banyak seperti pengantaran barang dan pembelian makanan.
d.      Ojek online juga lebih mudah ditemukan dan lebih cepat dibanding ojek pangkalan.

2.      Kelemahan (Weakness)
a.       Aplikasi sering kali error sehingga kita tidak dapat mengaksesnya.
b.      Pengemudi sering kali tidak tahu jalan,karena pengemudi tidak pernah melewati jalan tersebut.
c.       Pengemudi seringkali terlambat datang, tidak sesuai dengan perkiraan yang diaplikasi. 
d.      Diberlakukannya jam sibuk sehingga harga meningkat menjadi dua kali lebih besar.

3.      Peluang (Opportunity)
a.       Menciptakan banyak lapangan kerja bagi para penggangguran.
b.      Membuat masyarakat Indonesia menjadi tidak gaptek.
c.       Pengemudi ojek tidak melulu harus menunggu penumpang disatu tempat membuang waktu.
d.      Penghasilan pengemudi ojek online lebih besar selain itu mereka juga seringkali diberi tip oleh para penumpang.

4.      Tantangan/Hambatan (Threats)
a.       Pengemudi ojek online sering di demo dan diintimidasi.
b.      Pengemudi ojek online sangat bergantung pada tingkat kepuasan penumpang.
c.       Pengemudi ojek online akan susah mendapat penumpang apabila ratingnya buruk.
d.      Tak jarang ada penumpang yang minta untuk mampir diberbagai tempat tanpa menambah biaya perjalanan.




















                                      BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

1. Kesimpulan
a.    Adanya ojek online sangat membantu kegiatan sehari-hari. Selain lebih efisien dan terjangkau pelayanan ojek online juga sangat memuaskan.
b.    Ojek online juga membuka lapangan pekerjaan karna semua kalangan dan gender bisa mendaftar sebagai pengemudi tanpa terkecuali tanpa harus mempunyai keahlian dalam bidang pendidikan.
c.     Ojek online lebih diminati masyarakat karna pelayanannya jauh dari ojek pangkalan. Selain itu kita tak perlu repot menawar harga seperti di ojek pangkalan.
d.   Ojek online sering kaliter kendala oleh system jaringan dan sinyal internet maka kita harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli jaringan internet.

2. Rekomendasi
a.      Ojek online lebih aman karena sang pengemudi dan lokasi kita selalu berada dalam pengawasan perusahaan.
b.      Aplikasi sering kali error sehingga kita tidak dapat mengaksesnya.
c.       Menciptakan banyak lapangan kerja bagi para penggangguran.
d.     Pengemudi ojek online akan susah mendapat penumpang apabila ratingnya buruk.

Referensi :

1 komentar: