Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin
Topik Makalah
Fenomena
Pelayanan Ojek On Line
Terhadap
Tradisi Budaya OPang (Ojek Pangkalan)
Kelas : 1-ID08
Tanggal Penyerahan Makalah : 10 Oktober 2016
Tanggal Upload Makalah : 11 Oktober 2016
P E R N Y A T A A N
Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan
dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari
tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar,
saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.
P e n y u s u n
N P M
|
Nama Lengkap
|
Tanda Tangan
|
35416214
|
Nabila MaulidviSahasrara S
|
Program SarjanaTeknik Industri
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, atas segala nikmat kesempatan dan
kesehatan serta rahmat dan hidayah-Nya yang diberikan kepada kita hingga saat ini.
Sholawat beserta salam tidak lupa kita haturkan kepada junjungan besar Nabi
Muhammad SAW beserta keluarga, para sahabat dan pengikutnya sampai akhir zaman,
AamiinallahumaAamiin.
Saya juga mengucapkan
terimakasih dan hormat saya kepada dosen saya Pak Muhammad Burhan
Amin yang mengajar mata kuliah ” Ilmu Budaya Dasar” yang telah memberikan saya
kesempatan untuk membuat makalah ini. Tak lupa saya juga mengucapkan
terimakasih dan hormat saya kepada semua pihak yang telah membantu saya
sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan tepat waktu dan sebaik-baiknya.
Saya menyadari
bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Oleh
karena itu, kritik dan saran akan ssangat saya harapkan dan saya terima dengan
senang hati demi kesempurnaanya makalah ini di waktu depan. Semoga makalah ini
memberikan manfaat sebagai informasi bagi para pembaca pada umumnya.
Bekasi,
03 Oktober 2016
Nabila
Maulidvi S
DAFTAR ISI
PERNYATAAN……………………………………………………………………..i
KATA
PENGANTAR ………………………………………………………..ii
DAFTAR ISI ……………………………………………………………..................iii
BAB I
PENDAHULUAN ………………………………………………………….1
1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
……………………………………………….1
1.2 TUJUAN ……………………………………………………………………………2
1.3 SASARAN ………………………………………………………………………...2
BAB II PERMASALAHAN
………………………………………………………………3
1. KEKUATAN
……………………………………………………………………...3
2. KELEMAHAN ……………………………………………………………………3
3. PELUANG…………………………………………………………………………3
4.
TANTANGAN
…………………………………………………………………...4
BAB III
………………………………………………………………………………...……5
1. KESIMPULAN
…………………………………………………………………....5
2. REKOMENDASI
…………………………………………………………………5
3. REFERENSI ……………………………………………………………………5
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Transportasi adalah salah satu yang paling dibutuhkan
di segala penjuru dunia.Transportasi sebagai penunjang kegiatan sehari-hari adalah
hal yang sangat diperlukan di masyarakat. Tak jarang kemajuan suatu bangsa bisa
juga disimbolkan dari alat atau jasa transportasinya.
Transportasi
baik jasa maupun alat tak jarang sangat membantu perekonomian di sebuah
Negara.Transportasi dewasa ini sudah menjadi kebutuhan primer yang harus dijamin
keberadannnya.
Dengan
jumlah masyarakat Indonesia yang sangat banyak, kebutuhan transportasi Indonesia
tak jarang menjadi sebuah masalah.
Dengan
demikian maka muncul ide ide yang berkembang seputar transportasi umum. Salah
satunya adalah ojek.Ojek menjadi sangat popular karna menggunakan motor dirasa lebih
efisisen.
Seiring
dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang serba canggih beberapa
orang melakukan inovasi yang menyangkut teknologi dan transportasi. Salah
satunya berkaitan dengan ojek.Inovasi yang diciptakan adalah ojek online.
Ojek
online adalah layanan transportasi ojek yang dapat kita akses melalui gadget
atau handphone pintar kita.Setiap pengguna transportasi ojek kini dapat membuka
aplikasi khusus pada handphone untuk dapat terhubung mengakses ojek online.
Ojek
online tersebut dirasa lebih efektif, karna pengguna tak harus membuang waktu dan
tenaga mencari ojek ke pangkalan dan menunggu.Dengan adanya ojek online ini masyarakat
menjadi lebih mudah dan menjadikan ojek online ini transportasi umum tujuan
yang mereka cari.
Kemudahan-kemudahan
inilah yang membuat para pengguna ojek lebih memilih menggunakan ojek online dibanding
ojek pangkalan. Selain itu harga yang ditawarkan ojek online juga jauh lebih terjangkau
dibandingkan ojek pangkalan.
Karna
pelanggan banyak lebih beralih menggunakan ojek online dibanding ojek pangkalan
tak jarang membuat para pengemudi ojek pangkalan resah karena kekurangan penumpang
dan penghasilan. Seringkali mereka berdemo menyuarakan aspirasinya, tak hanya itu
mereka juga terkadang mengintimidasi para pengemudi ojek online dengan cara kekerasan
fisik dan lain lain.
1.2 Tujuan
Tujuan dibuatnya adalah mengatasi
permasalahan masyarakat dikota besar yang sangat macet memilih transportasi umum
yang mudah ,cepat dan aman. Serta mengikuti kemajuan teknologi yang ada sehingga
meningkatkan sumber daya manusia yang ada.
1.3 Sasaran
Sasarannya adalah para
masyarakat dikota besar yang sangat sibuk dan ingin sesuatu yang ringkas dan cepat,
sehingga keberadaan ojek online ini diterima dengan sangat mudah di masyarakat.
BAB
II
PERMASALAHAN
1. Kekuatan
(Strength)
a.
Dengan
aplikasi kita mengetahui profil pengemud I dan kendaraannya serta estimasi
harganya.
b. Ojek online lebih aman karena sang pengemudi dan lokasi kita selalu berada
dalam pengawasan perusahaan.
c. Ojek
online lebih efisien dibanding ojek pangkalan selain itu jasa yang diberikan juga
sangat banyak seperti pengantaran barang dan pembelian makanan.
d. Ojek
online juga lebih mudah ditemukan dan lebih cepat dibanding ojek pangkalan.
2. Kelemahan (Weakness)
a. Aplikasi sering kali error sehingga kita tidak dapat mengaksesnya.
b. Pengemudi
sering kali tidak tahu jalan,karena pengemudi tidak pernah melewati jalan tersebut.
c. Pengemudi
seringkali terlambat datang, tidak sesuai dengan perkiraan yang
diaplikasi.
d. Diberlakukannya
jam sibuk sehingga harga meningkat menjadi dua kali lebih besar.
3. Peluang (Opportunity)
a.
Menciptakan banyak lapangan kerja
bagi para penggangguran.
b. Membuat
masyarakat Indonesia menjadi tidak gaptek.
c. Pengemudi
ojek tidak melulu harus menunggu penumpang disatu tempat membuang waktu.
d. Penghasilan
pengemudi ojek online lebih besar selain itu mereka juga seringkali diberi tip oleh para penumpang.
4.
Tantangan/Hambatan
(Threats)
a. Pengemudi
ojek online sering di demo dan diintimidasi.
b. Pengemudi
ojek online sangat bergantung pada tingkat kepuasan penumpang.
c.
Pengemudi ojek online akan susah
mendapat penumpang apabila ratingnya buruk.
d. Tak
jarang ada penumpang yang minta untuk mampir diberbagai tempat tanpa menambah biaya perjalanan.
BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1. Kesimpulan
a. Adanya
ojek online sangat membantu kegiatan sehari-hari. Selain lebih efisien dan terjangkau
pelayanan ojek online juga sangat memuaskan.
b. Ojek
online juga membuka lapangan pekerjaan karna semua kalangan dan gender bisa mendaftar
sebagai pengemudi tanpa terkecuali tanpa harus mempunyai keahlian dalam bidang pendidikan.
c. Ojek
online lebih diminati masyarakat karna pelayanannya jauh dari ojek pangkalan. Selain
itu kita tak perlu repot menawar harga seperti di ojek pangkalan.
d. Ojek
online sering kaliter kendala oleh system jaringan dan sinyal internet maka kita
harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli jaringan internet.
2. Rekomendasi
a.
Ojek online lebih aman karena
sang pengemudi dan lokasi kita selalu berada dalam pengawasan perusahaan.
b.
Aplikasi sering kali error
sehingga kita tidak dapat mengaksesnya.
c.
Menciptakan banyak lapangan kerja
bagi para penggangguran.
d.
Pengemudi ojek online akan susah
mendapat penumpang apabila ratingnya buruk.
Referensi :
jdulnya pangkalan vs online tapi yg dibahas online smua????
BalasHapus