Minggu, 23 April 2017

Musuem Bank Indonesia



Belajar Masa Lalu Uang


Belajar tentang masa lalu atau tentang sejarah tak melulu harus didalam kelas. Membaca teori dan hanya membayangkannya saja. Ada cara lain yang lebih asyik untuk belajar itu semua. Salah satunya mendatangi tempat-tempat bersejarah atau tempat yang menyimpan sejarah. Contohnya saja museum, ya museum. Menurut buku “Ayo Kita Mengenal Museum” dijelaskan bahwa pengertian museum adalah lembaga yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Museum berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian dan kesenangan atau hiburan. Banyak sekali museum yang ada di Indonesia. Tetapi museum di Indonesia masih relative sepi karna warga Indonesia belum banyak yg suka atau senang belajar sejarah dimuseum, untuk warga Indonesia terutama Jakarta mayoritas akan lebih memilih menghabiskan waktu di mall dari pada museum.


Untuk kali ini saya akan sedikit menceritakan salah satu museum yang baru saja kunjungi akhir-akhir ini. Museum ini terletak di Jakarta tepatnya di kawasan Wisata Kota Tua. Museum ini bersebelahan dengan museum bank mandiri. Yaa, museum ini bernama museum Bank Indonesia. Museum yang diresmikan pada tahun 2006 oleh Gubernur Bank Indonesia yaitu Burhanuddin Abdullah  ini semulanya adalah gedung Bank Indonesia namun sudah sejak lama kosong karna Bank Indonesia dipindahkan. Museum gedung ini dari luar tampak sangat apik karna gedung yang megah ditambah lagi gedung berwarna full putih membuat tampilan gedung museum ini semakin elegan. Museum ini buka setiap hari kecuali senin dan hari linur nasional. Biaya masuk museum ini cukup terjangkau hanya dengan 5000 rupiah saja, atau apabila anda punya kartu pelajar atau mahasiswa akan digratiskan.
Awal masuk museum ini disambut dengan ruangan yang mungkin menurut saya itu adalah sejenis loket bank. Museum ini dalamnya cukup megah dan modern. Bagaimana tidak disetiap ruangan kita disediakan LCD atau layar yg akan menampilkan bacaan sejarah uang,lalu dibeberapa ruangan terdapat baju baju para pahlawan dibawah lantainya seperti dikacakan. Tidak hanya reofrmasi uang uang saja disana juga terdapat sejarah atau barang barang yang lainnya. Seperti replica emas yg jumlahnya banyak sekali. Bahkan juga disediakan box kaca yang terdapat replica emas seberat 13,5 kg sehingga pengunjung bisa memegangnya. Museum yang ruangannya didominasi kaca dan berwarna coklat ini juga menampilkan uang dari masa ke masa. Mulai dari uang 25rupiah hingga uang sambung yang belum pernah kita lihat sebelumnya semua ada disini. Tak hanya uang dari Negara Indonesia, disini juga dipamerkan uang dari seluruh Negara yang ada didunia. Dengan dekorasi yang apik membuat kita tak merasa bosan atau jenuh berada disini,ditambah lagi dengan fasilitas yang bagus nyaman sehingga sangat memuaskan dan tidak menyesal datang kesini.
Selanjutnya dibeberapa ruangan terdapat meja rapat beserta replica orang-orang penting yg sedang rapat. Beberapa dari mereka bergaya seperti sedang menandatangani suatu surat atau perjanjian. Tapi untuk meja rapat dan sebeginya dikasih garis pembatas, jadi kita tak bisa duduk disana hanya bisa melihat saja, dimuseum ini semuanya cukup lengkap dan ada seustu yang unik ditengah museum yaitu kursi koin yang ukurannya cukup besar, ada juga pintu baja seperti penutup brankas yang besar sekali. Museum  ini sangat bagus sekali dan tidak mengecewakan, saya harap museum museum yang lainnya di Indonesia bisa mengikuti museum ini.

1 komentar: