Kamis, 15 Juni 2017

NILAI TOLERANSI DI INDONESIA



Indonesia sebagai Negara yang terdiri dari beribu pulau dan suku maupun ras harus menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi. Nilai toleransi di Indonesia harus besar karna semua umat beragama dan rakyat Indonesia hidup berdampingan sehari-harinya. Toleransi di Indonesia menuut saya sudah lumayan bagus terbukti dengan pernahnya Indonesia  menjadi Tuan Rumah United Nations Alliance of Civilizations (UNAOC) yang diselenggarakan di Nusa Dua Bali sekitar bulan Agustus tahun 2014. Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah dapat dimaknai sebagai bentuk pencapaian dan apresiasi oleh internasional bahwa Indonesia dapat menjadi role model bagaimana sebuah Negara yang harmonis antar keberagaman suku, agama, ras dan budaya.
Begitu juga menurut tokoh agama muslim dunia yaitu Dr. Zakir Naik yang menyebutkan bahwa Indonesia merupakan Negara dengan populasi Islam terbesar di dunia. Namun faktanya, populasi Muslim terbesar tidak menjadikan Negara Indonesia sebagai Negara Islam. Ini merupakan keistimewaan dari Indonesia sebagai Negara multikultural, menerapkan setiap agama sama di hadapan Negara dan agama tidak bisa diperbolehkan untuk menjadi sumber diskriminasi.
Namun walaupun sudah termasuk Negara dengan toleransi yang cukup tinggi, masih banyak saja masyarakat idnoensia yang tidak paham dengan toleransi artinya masih ada saja beberapa kelompok masyarakat yang suka mengucilkan satu kelompok masyarakat lainnya atau suatu kaum karna perbedaan latar belakang seperti suku agama dan ras.
Misalnya dalam hal pemilihan kepala daerah, agama suku ras masih menjadi factor besar yang terkait dalam pemilihan tersebut. Masyarakat cendrung memilih yang latar belakangnya sama dengan mayoritas mereka. Sementara yang minoritas akan kecil kemungkinannya. Bukan karna kerja dan kinerja pasangan tersebut karna factor latar belakang masih cendrung diperhatikan. Maksudnya disini dalah latar belakang budaya bukan jejak karirnya.
Tapi disisi lain kita bisa melihat toleransi itu tinggi adalah misalnya dengan bulan puasa. Tempat makan maupun tempat hiburan yang negative akan ditutup sementara karna agar menjaga kesucian bulan puasa ini. Lalu disisi lain seperti ada hari raya atau hari besar agama akan libur, atau dijadikan hari libur nasioanl itu membuktikan bahwa toleransi di Indonesia sangat tinggi dengan tidak membedakan agama dan lainnya.
Sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda beda tapi tetap satu jua sangat mencerminkan bangsa kkta biarpun kita dari bebrbagai suku ras agama tapi kita tetap satu tetap Indonesia. Walaupun kita berbeda adat tapi tetap menjunjung persatuan bangsa. Banyak sekali yang menyatukan kita seperti kita sama sama bangsa Indonesia berbahasa Indonesia bertanah air dan tumpah darah Indonesia seperti buni sumpah pemuda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar