Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari
kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan
baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Sedangkan aspek pemasaran adalah
faktor penting yang dijadikan sebagai kunci dari keberhasilan perusahaan
khususnya dalam memetakan pasar. Aspek pemasaran dalam pengelolaan usaha sama
halnya dengan aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis yang dirancang dan
diperhatikan sebelum seseorang memulai usaha. Analisis aspek pemasaran
dilakukan untuk melihat dan menganalisis kebutuhan pasar agar strategi
pemasaran yang akan dirancang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.
1.Segmentasi
Pasar
Segmentasi
pasar adalah pembagian segmen suatu pasar berdasarkan pembeli. Pada umumnya,
demografi, tingkat penghasilan, psikografis, dan kelas sosial menjadi dasar
dalam melakukan segmentasi. Dengan melakukan segmentasi pasar, seseorang dapat
meraih laba maksimum dan strategi pemasaran akan berjalan dengan lancar
2.Analisa Pasar dan
Peramalan Permintaan
Analisa
pasar merupakan hal yang cukup penting. Analisa ini akan membuat aktivitas
pemasaran semakin tepat sasaran.
3.Analisa Pesaing
Analisa
pesaing adalah salah satu hal yang cukup signifikan. Analisa ini menjadi
penentu posisi produk kita dalam suatu pasar. Pesaing adalah perusahaan yang
memproduksi atau memasarkan barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan
produk kita.
4.
Promosi
Promosi
juga merupakan aspek marketing yang penting. Promosi adalah upaya dari penjual
untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar melakukan pembelian. Dalam
melakukan promosi,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar